Rabu, 29 Februari 2012

How to Direct Models During Portrait Shoots

Atikel di Digital-photography-school tentang "How to Direct Models During Portrait Shoots" mengulas tentang bagaimana step-step yang harus dilakukan oleh fotografer sebelum pemotretan dengan model. Hal yang menarik karena selama ini penulis banyak sekali melakukan action pemotretan dengan banyak model, ada yang one by one ada yang bersama2 dengan teman satu club ada juga yg maen keroyokan alias satu model dengan banyak fotografer. Tapi dari sekian banyak pemotretan banyak sekali yg kurang feelnya ataupun berakhir dengan foto2 yang mirip satu sama lain karena banyak hal.

Di Artikel ini mengulas bahagia proses kita sebagai fotografer melakukan pendekatan dengan model. Berikutnya artikelnya akan saya terjemahkan dengan bahasa saya sendiri.

sebuah foto portrait atau foto model yang bagus tidak hanyak tentang wajah yg cantik, body yg oke atau yg sensual, dibelakang itu banyak hal yg lebih penting. saya akan memberikan beberapa ide dasar yg akan membantumu untuk mempelajarinya.

Pertama,hal yg paling dasar adalah bagaimana kamu membuat atmosfer yang nyaman dengan model yang akan kamu potret. saya hanya berbagi rahasia yang kelihatanny bekerja untukku.

1. Listen n Respect

banyak orang yg tidak mendengar. saya suka berinteraksi dengan banyak orang dan tertarik untuk mendengar cerita dan pengalaman mereka. Saya akan banyak tersenyum dan tentu saja mendengar. saya akan  memulai diskusi dan memberikan ide dimana subjek akan merasa penting dan didukung. tidak ada istilah menyuruh - hanya menyatukan visi, empati dan memahami orang lain.
2. Relax

jika kamu medapati dirimu dalam keadaan gugup dan mood yang jelek, subjekmu akan merasa dan merespon dengan buruk pula. segeralah kamu relaks dan buang jauh-jauh perasaan tidak nyaman. akhirnya kamu akan menemukan keadaan saling percaya. ^^

3. Trust

Percayalah pada dirimu sendiri. Percayalah kamu akan memberikan yang terbaik.kadang kesalahan terjadi, tapi kamu harus tinggalkan ketakutan dan kegagalan. kita pasti pernah dalam keadaan dimana baterai habis, memory card full, peralatan rusak... barangkali yang paling menakutkan adalah kehilangan kreativitas, ketika kamu tidak dapat menemukan keajaiban, ketika kamu kehilangan ide. Padahal kita tidak selalu mendapatkan shot2 yang funtustic, berpikirlah positif dan percaya bahwa dalam pengalaman berbeda kamu akan banyak belajar.
 

 

 

 4. Be Grateful

jadilah yg terbaik dalam moment2 hebat di waktu kamu berbagi dengan orang2 yang berbeda.

5. The Prep

kadang2 kita menemukan wanita yg sangat banyak membantu, ini akan membawa keberuntungan untuk menata rambut dan make-upny. sehingga pemotretan menjadi session diatas angin. Sekarang saya tidak membicarakan wanita karena kebanyakan pria yang saya photo tidak suka ditata rambut dan diberi make up. tapi saya masih mencoba manawarkannya, dan beberapa benar2 menyukainy. Tetap percayalah pada hair and make-up personmu, percayalah bahwa mereka akan memberikan hasil yg bagus untuk session fotomu.

Mempersiapkan kostum jg penting. Kostum harus sudah siap sebelumnya. tidak cukup hanya subjek menyukai konstumnya. jika belum siap sebelumny, itu bukan fotografer yang baik. jika pada akhirnya, subjek tidak menyukai hasil akhir fotonya, pastikan untuk membawa beberapa item baju dan berikan mereka keputusan beberapa yang cocok dengan mereka. Ini adalah tentang membantu membuat subjekmu merasa nyaman dan percaya diri.

6. The Shoot

Pastikan subjekmu merasa percaya diri! berbicaralah pada mereka pada saat session foto. Tanyakan tentang aktivitasnya, buku fav, olahraga fav, dll. Tanyakan jg tentang anak2 mereka.

terakhir, berilah ucapan terima kasih pada subjek ketika session foto berakhir.

saya rasa tips ini cukup membantu, ini trik yang bisa dijalankan dalam situasi yg berbeda. yang jelas tidak ada aturan yang paling cocok, selalu ada trial and error. apa yang bekerja untukku mungkin tidak bekerja untukmu dan vice versa (itulah hidup). Tapi saya yakin kamu dapat menjalankan tips2 ini...

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar